BAB III
KESIMPULAN
Propesi guru bukan hanya sebagai pendidik, tetapi juga sebagai pembimbing dalam mengarahkan peserta didik untuk dapat membentuk dan mengembangkan potensi pribadi peserta didik. Oleh sebab itu seorang guru sebagai pembimbing harus mengerti dan mengetahui tugas-tugas menjadi guru dan memiliki kemampuan memecahkan masalah / problem dalam pembelajaran. Begitu juga guru sebagai pembimbing harus mengetahui dan mengenal konseli dalam hal ini adalah peserta didik dengan langkah-langkah yang telah disebutkan di atas. untuk menjaga privasi konseli guru harus memiliki dan memahami prisip-prinsip seorang pembimbing dan mengetahui landasan teoritik bimbingan dan konseling. semua ini merupakan bagian dari kompetensi profesional seorang guru sebagai pendidik dan pembimbing.
DAFTAR PUSTAKA
Sofyan S. Willis. 2004. Konseling Individual: Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta
ABKIN. 2007. Naskah Akademik Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal dan Non Formal
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !